AKU SUKA MAKAN TEMPE, KALAU KAMU?

APA SIH TEMPE ITU APA?

Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai “ragi tempe”.

APA YANG TERKANDUNG DALAM TEMPE?

Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

Secara umum, tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. Degradasi komponen-komponen kedelai pada fermentasi membuat tempe memiliki rasa dan aroma khas. Berbeda dengan tahu, tempe terasa agak masam.

Tempe banyak dikonsumsi di Indonesia, tetapi sekarang telah mendunia. Kaum vegetarian di seluruh dunia banyak yang telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging. Akibatnya sekarang tempe diproduksi di banyak tempat di dunia, tidak hanya di Indonesia. Berbagai penelitian di sejumlah negara, seperti Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat. Indonesia juga sekarang berusaha mengembangkan galur (strain) unggul Rhizopus untuk menghasilkan tempe yang lebih cepat, berkualitas, atau memperbaiki kandungan gizi tempe. Beberapa pihak mengkhawatirkan kegiatan ini dapat mengancam keberadaan tempe sebagai bahan pangan milik umum karena galur-galur ragi tempe unggul dapat didaftarkan hak patennya sehingga penggunaannya dilindungi undang-undang (memerlukan lisensi dari pemegang hak paten).

TABEL GIZI TEMPE DAN DAGING SAPI

Jika tempe dibandingkan dengan daging sapi, manakah yang lebih bernutrisi? Ternyata tempe lebih unggul nutrisinya dibandingkan dengan daging sapi. itulah sebabnya seperti yang dikemukakan di atas, kaum vegetarian telah mengganti konsumsi daging menjadi konsumsi tempe.

Tabel ini menggambarkan nilai gizi 100 gram tempe berbanding 100 gram daging sapi.

Oleh karena itu, tak usah kita malu mengkonsumsi tempe setiap hari sebagai makanan rakyat asli Indonesia yang telan mendunia.

ADAKAH TEMPE YANG BUKAN DARI KEDELAI?

Selain tempe berbahan dasar kacang kedelai, terdapat pula berbagai jenis makanan berbahan bukan kedelai yang juga disebut tempe. Terdapat dua golongan besar tempe menurut bahan dasarnya, yaitu tempe berbahan dasar legum dan tempe berbahan dasar non-legum.

Tempe bukan kedelai yang berbahan dasar legum mencakup tempe koro benguk (dari biji kara benguk, Mucuna pruriens L.D.C. var. utilis, [catatan:nama ilmiah kara benguk sama dengan kara wedus] berasal dari sekitar Waduk Kedungombo), tempe gude (dari kacang gude, Cajanus cajan), tempe gembus (dari ampas kacang gude pada pembuatan pati, populer di Lombok dan Bali bagian timur), tempe kacang hijau (dari kacang hijau, terkenal di daerah Yogyakarta), tempe kacang kecipir (dari kecipir, Psophocarpus tetragonolobus), tempe kara pedang (dari biji kara pedang Canavalia ensiformis), tempe lupin (dari lupin, Lupinus angustifolius), tempe kacang merah (dari kacang merah, Phaseolus vulgaris), tempe kacang tunggak (dari kacang tunggak, Vigna unguiculata), tempe kara wedus (dari biji kara benguk Lablab purpures), tempe kara (dari kara kratok, Phaseolus lunatus, banyak ditemukan di Amerika Utara), dan tempe menjes (dari kacang tanah dan kelapa, terkenal di sekitar Malang).

Tempe berbahan dasar non-legum mencakup tempe mungur (dari biji mungur, Enterolobium samon), tempe bongkrek (dari bungkil kapuk atau ampas kelapa, terkenal di daerah Banyumas), tempe garbanzo (dari ampas kacang atau ampas kelapa, banyak ditemukan di Jawa Tengah), tempe biji karet (dari biji karet, ditemukan di daerah Sragen, jarang digunakan untuk makanan), dan tempe jamur merang (dari jamur merang).

Dari sekian banyak macam tempe, yang paling populer dan terkenal ke seluruh dunia adalah tempe berbahan baku kacang kedelai. Itulah sebabnya pemerintah sangat menjaga pasokan bahan baku tempe ini agar para perajin tempe tak kesulitan mendapatkannya. Impor kacang kedelaipun dilakukan karena pasokan dalam negeri tak mencukupi,namun demikian para perajin tempe ternyata lebih suka menggunakan bahan baku kedelai lokal dengan berbagai macam alasannya.

MANFAAT TEMPE

Nah, setelah Anda mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang terdapat pada tempe maka Anda juga perlu untuk mengetahui apa saja manfaat tempe bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat tempe.

1. Sumber Protein

Tempe merupakan sumber protein yang tinggi dengan kandungan sekitar 18 jenis protein dan asam amino yang mudah dicerna tubuh. Sangat cocok untuk mereka yang menjalani diet dan weight loss seperti para atlet binaraga dan fitness mania.

2. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Menetralkan efek negatif kolesterol jahat karena banyak mengandung lemak tak jenuh majemuk (PUFA), niasin, Omega 3 dan 6 sehingga dapat menurunkan resiko serangan jantung (koroner).

3. Sumber Vitamin

Sumber vitamin (terutama vitamin B) yang sangat bermanfaat untuk metabolisme sel darah merah, kesehatan kulit dan otot (muscle tone), meningkatkan kekebalan dan fungsi sistem syaraf, meningkatkan hormon pertumbuhan, dan mencegah anemia serta kanker pankreas.

4. Menangkal Radikal Bebas

Sebagai penangkal radikal bebas mencegah berbagai penyakit degeneratif (aterosklerosis, jantung koroner, diabetes melitus, hipertensi, dan lain-lain) dan berbagai jenis kanker (pankreas, prostat dan payudara) sekaligus mencegah penuaan dini karena mengandung antioksidan kuat (3 jenis isoflavon).

5. Mencegah Anemia

Mengkonsumsi tempe dapat mencegah anemia karena kandungan berbagai mineral yang tinggi dan mudah diserap darah sekaligus mencegah osteoporosis.

6. Mencegah Diare dan Kolera

Sebagai zat antibiotik dan antibakteri pencegah infeksi bakteri E. coli penyebab diare dan kolera.

7. Serat Pangan

Mengandung serat tinggi sehingga berfungsi mengendalikan kadar gula darah sehingga cocok bagi penderita diabetes.

8. Mengatasi Keracunan

Sebagai zat penawar antidotum atau anti keracunan logam berat (sianida) karena mengandung ion-ion positif seperti halnya pada putih telur dan susu.

9. Hipokolesterolemik

Tempe bersifat Hipokolesterolemik, menurunkan lipid atau lemak dalam darah.

10. Mencegah Perut Kembung

Mencegah timbulnya gejala flatulensi (kembung perut) karena mampu menurunkan kadar raffinosa dan stakiosa.

11. Baik untuk Semua Usia

Mudah dicerna oleh semua kelompok umur, dari bayi sampai usia lanjut. Enzim pencernaan pun akan dihasilkan oleh Rhizopus oligosporus (kapang tempe) selama proses fermentasi berlangsung, itulah yang membuat tempe lebih nyaman di lambung.

RESEP MASAKAN BERBAHAN BAKU TEMPE

1. Resep Tempe Penyet
Bahan :
  • 2 potong tempe (5x10cm), goreng ½ matang
  • daun kemangi dari 4 tangkai
Sambal :
  • 5 buah cabai rawit
  • 5 buah cabai merah
  • 2 buah kemiri, goreng
  • 1 sdt terasi
  • 1 mata asam jawa tanpa biji
  • garam dan gula secukupnya
CARA MEMBUAT TEMPE PENYET :
  1. Haluskan semua bahan sambal, letakkan tempe di atasnya lalu ulek tempe hingga agak pipih.
  2. Taburkan daun kemangi di atasnya, baurkan sedikit sambal yang ada di bawah ke bagaian atas lalu sajikan dengan nasi putih hangat.

Nikmati dengan nasi hangat sebagai lauk makan, sedaaaappp….!

2. Resep Tumis Tempe
Bahan dan Bumbu :
  • 250 gram tempe, potong2 sesuai selera
  • 2 buah cabe hijau, iris tipis
  • 1 buah tomat kecil, iris tipis
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm gula merah sisir halus
  • garam dan lada secukupnya
CARA MEMBUAT TUMIS TEMPE :
  1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi. Masukkan cabe hijau, tomat dan gula merah lalu aduk rata.
  2. Masukkan tempe, beri kecap, garam dan lada, aduk rata dan masak hingga matang.

Untuk lauk makan siang atau makan malam, sama – sama oke…

3. Resep Keripik Tempe
Bahan dan Bumbu :
  • 200 gram tempe
  • 250 gram tepung beras
  • 500 ml santan
  • 500 ml minyak goreng
Haluskan :
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam
CARA MEMBUAT KERIPIK TEMPE :
  1. Tempe diiris tipis melebar lalu jemur hinga setengah kering.
  2. Campur aduk rata tepung, santan dan bumbu halus. Masukkan tempe ke dalam adonan lalu goreng satu persatu dalam minyak panas hingga kering dan kekuningan, angkat dan tiriskan.

Dimakan sebagai cemilan sembari nonton televisi atau sebagai lauk, sama enaknya….

Jika ada resep masakan lain yang berbahan baku tempe, silahkan berkreasi dan bagi – bagi ke komen dibawah. Selamat menikmati tempe, makanan asli Indonesia yang telah mendunia….

Catatan: Diambil dari beberapa sumber.

Iklan

Satu pemikiran pada “AKU SUKA MAKAN TEMPE, KALAU KAMU?

  1. Ping-balik: Resep Tumis Tempe Cabai Hijau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s