MANFAAT KULIT PISANG

Kulit pisang kadang masih disepelekan. Setelah pisangnya disantap, kulitnya lalu dibuang atau dijadikan sebagai makanan sapi. Mulai hari ini, jangan buang kulit pisang. Tanpa disadari, ternyata banyak manfaatnya. Inilah delapan di antaranya:

1. Mengatasi Reaksi Alergi Pada Kulit

Kulit pisang dapat digunakan untuk mengatasi reaksi alergi pada kulit akibat beberapa jenis makanan. Anda hanya perlu menggosokkan kulit pisang pada daerah tubuh yang terkena dan kemudian membersihkannya dengan air setelah agak kering. Lakukanlah hal ini di malam hari.

2. Mengatasi Jerawat

Manfaat lainnya dari kulit pisang bagi kesehatan Anda adalah dapat membantu mengatasi jerawat. Anda dapat membuat krim wajah sendiri dengan menggunakan kulit pisang dengan cara campurkanlah kira-kira seperempat kulit pisang, putih telur, dan 1 sendok makan tepung maizena dan aduk hingga merata (berbentuk seperti krim). Oleskan pada wajah Anda dan diamkan selama kira-kira 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

3. Mengatasi Gejala Psoriasis

Psoriasis merupakan salah satu jenis gangguan kulit yang sering terjadi. Mengoleskan kulit pisang pada bagian kulit yang terkena dapat membantu mengatasi bercak kemerahan akibat psoriasis. Pada awalnya, kulit Anda mungkin akan menjadi lebih merah akan tetapi hasilnya akan tampak setelah beberapa kali penggunaan.

4. Mengatasi Kutil

Menggosokkan kulit pisang pada kutil selama 10 hari dipercaya dapat membantu mengatasi kutil. Para ahli menduga bahwa kutil dapat merupakan suatu gejala dari kekurangan kalium dan karena pisang mengandung banyak kalium, maka pisang pun diduga dapat membantu mengatasi kutil.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ini dia satu lagi manfaat kulit pisang bagi kesehatan Anda, yaitu membantu menyembuhkan luka. Anda hanya perlu menggosokkan kulit pisang ke daerah kulit yang terkena. Kulit pisang dapat membantu membuat luka lebih cepat mengering dan mencegah terjadinya bekas luka.

6. Mengatasi Nyeri Kepala

Untuk membantu mengatasi nyeri kepala, Anda harus menghaluskan kulit pisang hingga halus dan mengoleskannya pada dahi. Selain itu, kulit pisang juga dapat membantu mencegah terbentuknya kerutan pada kulit. Oleskanlah kulit pisang yang telah dihaluskan pada daerah kulit yang berkerut.

7. Obat Anti Nyamuk

Kulit pisang ternyata juga dapat digunakan untuk membantu mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk.

8. Memutihkan Gigi

Untuk memutihkan gigi, sikatlah gigi Anda terlebih dahulu dengan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi kemudian oleskan bagian dalam kulit pisang dengan gerakan melingkar selama sekitar 2 menit. Lakukanlah hal ini sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

SUMBER

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s