TAHUKAH KALIAN MANFAAT BAWANG PUTIH SELAIN SEBAGAI BUMBU MASAKAN?

Berkas:Garlic.jpg

Bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Bawang mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur.

Manfat Bawang Putih

Bawang putih digunakan sebagai bumbu yang digunakan hampir di setiap makanan dan masakan Indonesia. Sebelum dipakai sebagai bumbu, bawang putih dihancurkan dengan ditekan dengan sisi pisau (dikeprek) sebelum dirajang halus dan ditumis di penggorengan dengan sedikit minyak goreng. Bawang putih bisa juga dihaluskan dengan berbagai jenis bahan bumbu yang lain. Dan juga dapat digunakan sebagai obat penyakit kutil,caranya : keprek bawang putih ( jangan sampai halus ) lalu tempelkan pada kutil dan ikat yang kuat dengan kain atau plester tunggu sampai 30 menit,jangan terlalu banyak bergerak,maka kulit akan panas dan kutil akan menghitam. Besoknya anda terbebas dari kutil.

Bawang putih mempunyai khasiat sebagai antibiotik alami di dalam tubuh manusia.

Selain itu ada beberapa manfat lain bawang putih yang mungkin belum kalian ketahui. Yuk kita simak manfaatnya sebagai berikut….

  • Mengusir Nyamuk

Para peneliti masih belum memahami kenapa nyamuk tampak tidak menyukai bawang putih.

Sebuah studi di India menemukan bahwa orang yang mengoles ramuan bawang putih di lengan dan kakinya tidak terganggu oleh nyamuk.

Gunakan minyak bawang putih, petroleum jelly, dan lilin lebah sebagai pencegah alami.

Bisa juga Anda meletakkan satu siung bawang putih di dekat Anda agar tak terganggu nyamuk.

  • Menumbuhkan Rambut

Bawang putih bisa mengatasi masalah kerontokan rambut karena mengandung banyak allicin.

Allicin merupakan senyawa yang juga ditemukan di bawang bombay, yang efektif merawat rambut rontok. Gosok potongan bawang putih di kulit kepala, lebih baik lagi jika sambil di pijat.

Anda juga bisa menambahkan minyak pada bawang putih untuk memijat nya di kulit kepala.

  • Membersihkan Jerawat

Mungkin ini bukan bahan utama dalam obat jerawat yang dijual bebas, namun bawang putih dapat menjadi obat alami yang bagus untuk membersihkan jerawat yang tidak diinginkan.

Kandungan antioksidannya membunuh bakteri, jadi usap potongan bawang putih pada jerawat untuk pengobatan topikal yang efektif.

  • Mencegah dan Mengobati Pilek

Makanan yang dibumbui dengan bawang putih bukan hanya lezat tapi juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Jika pilek mulai menyerang, coba minum teh bawang putih.

Cara membuatnya, cincang bawang putih lalu rendam dalam air panas beberapa menit, kemudian saring dan minum. Anda bisa menambahkan madu atau jahe untuk meningkatkan rasanya.

  • Mengatasi Psoriasis

Dikenal sebagai bahan anti-peradangan, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan psoriasis (penyakit kulit akibat gangguan sistem imun) yang tak membuat Anda nyaman.

Coba gosok sedikit minyak bawang putih di bagian yang terdapat psoriasis, untuk menghaluskan dan menghilangkan rasa gatal pada kulit.

  • Menjaga Berat Badan

Sebuah penelitian menunjukkan, tikus yang memakan asupan kaya bawang putih mengalami penurunan berat badan dan lemak mereka.

Masaklah makanan dengan bawang putih untuk rasa yang lebih enak dan ramah pinggang.

  • Mencabut Serpihan

Menaruh potongan bawang putih dan merekatkannya secara kuat dengan perban atau lakban merupakan langkah yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun untuk mencabut serpihan tajam yang masuk ke dalam kulit.

  • Merawat Kaki

Karena kandungan anti-jamur, bawang putih bisa berguna membersihkan rasa gatal pada kaki.

Rendam kaki dalam air hangat dan masukkan bawang putih yang sudah dihancurkan.

Nah itulah beberapa manfaat dari bawang putih yang mungkin bisa anda manfaatkan. Semoga bermanfaat….

 

Sumber1,

Sumber2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s