UNTUK APA SAJA DAUN SIRSAK ITU?

Daun sirsak, jika kita mendengar nama itu pasti terlintas kehebatannya dalam menggusur sel – sel kanker. Tapi sesungguhnya masih ada manfaat lain yang mungkin belum kita ketahui.

Jadi alangkah baiknya kita simak manfaat apa saja yang bisa kita rujuk sebagai obat – obatan herbal buatan sendiri….

Daun sirsak untuk mengatasi asam urat:

1. Ambil 10-15 daun sirsak, Bersihkan daun-daun tersebut. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel di daunnya. Anda boleh gunakan cairan pembersih sayuran saat mencuci daun-daun tersebut.

2. Masukkan daun yang sudah dicuci tadi ke dalam wadah untuk merebus. Tuangkan air yang cukup banyak sampai daun sirsak itu terendam semuanya. Jadi, masukkan daun sirsak ke dalam wadah merebus dari sejak awal anda akan merebus airnya, bukan saat air sudah mendidih.

3. Rebus terus daun sirsak tersebut sampai air yang ada di dalam wadah tersisa kira-kira sekitar 2 gelas saja. Ketika air sudah mencapai jumlah tersebut proses merebus sudah boleh dihentikan

4. Selama anda belum meminum air rebusan daun sirsak tadi, biarkanlah air rebusan tersebut tetap berada di dalam wadah, tidak perlu pisahkan air dari daun-daun sirsak yang sudah direbus tadi

5. Konsumsi air rebusan tersebut dua kali sehari, sebaiknya pagi dan sore hari.

Jaga Pola Hidup

Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak secara teratur bukan berarti anda menjadi bebas mengonsumsi jenis makanan apapun.

Penyakit ini umumnya disebabkan karena pola gaya hidup yang berkaitan dengan makanan, namun juga bersifat genetik.

Anda lebih berisiko terkena asam urat jika dalam keluarga anda sudah ada riwayat penyakit ini.

Oleh karena itu ada baiknya jika anda mengunjungi tenaga mendis profesional untuk cek/tes kadar asam urat sebagai bentuk penanganan yang lebih dini.

Zat purin juga terdapat dalam makanan, oleh karena itu pola makanan anda juga jangan asal-asalan.

Disarankan anda tetap mengurangi makanan yang menjadi pantangan penderita asam urat seperti kacang-kacangan, seafood dan jeroan.

Bahkan dari pengalaman teman-teman saya, anda boleh mencoba untuk konsumsi makanan yang termasuk program healthy diet, dan dari aspek medis ternyata kedua hal tersebut –healthy diet dan asam urat- sangat berkorelasi.

Semuanya ini bertujuan agar anda dapat memanage asam urat anda dengan lebih baik sehingga anda bisa tetap produktif dan berkarya.

Penyebab Asam Urat

Asam urat terjadi karena adanya zat purin yang berlebihan dimana ginjal tidak lagi mampu mengeluarkannya dari tubuh sehingga menumpuklah di persendian.

Sebenarnya, tubuh boleh saja mengandung zat purin dan itu normal, hanya saja jika jumlahnya berlebih yang akan mengakibatkan anda menderita penyakit asam urat.

Bila penyakit ini kambuh, anda sebagai penderita asam urat akan sangat terganggu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari karena persendian akan terasa sangat nyeri.

Anda bisa saja memaksakan diri dengan segala kekuatan yang ada namun tetap saja rasanya akan sangat tidak nyaman.

Sumber

Selain yang tersebut di atas, daun sirsak bisa juga kita manfaatkan untuk mengatasi beberapa hal seperti di bawah ini:

Ampuh Mengobati Wasir

Manfaat daun sirsak yang kedua adalah sebagai obat penyembuh penyakit wasir. Seperti yang kita ketahui, wasir merupakan penyakit yang menyerang anus berupa pembengkakan. Pada kondisi yang sudah berbahaya, wasir akan menyebabkan anus sang penderita terasa sangat nyeri dan mengeluarkan darah. Uniknya, penyakit separah itu dapat diobati oleh daun dari tanaman yang tidak terduga yaitu daun sirsak. Daun sirsak mengandung zat yang mampu menghentikan pendarahan pada anus dan juga mampu membuat otot sekitar anus menjadi lebih rileks sehingga pembengkakan sedikit dei sedikit akan berkurang. Dengan begitu, penyakit tersebut akan dapat diatasi.

Menurunkan Kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak ini cukup ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Daun sirsak mengandung zat yang mampu menyingkirkan kolesterol jahat dari tubuh anda. Biasanya, kolesterol jahat ini muncul akibat anda kurang selektif dalam memilih makanan. Contoh makanan yang kaya akan kolesterol jahat adalah bebek goreng, ayam goreng, gorengan dan makanan yang mengandung banyak minyak. Apalagi jika saat penggorengan berlangsung, minyak goreng digunakan berkali-kali hingga warnanya menghitam. Disitulah kolesterol jahat yang kemudian akan masuk ke tubuh untuk menebar penyakit berbahaya.

Daun Sirsak untuk Mengatasi Jerawat

Terakhir, khasiat dari daun buah sirsak ini adalah sebagai pencegah timbulnya jerawat. Cara mendapatkan manfaat ini adalah dengan menghaluskan daun sirsak dengan menggunakan tumbuk. Setelah halus, tambahkan air dan letakkan diwajah yang paling berpotensi tumbuh jerawat. Tunggu hingga kandungan meresap kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat. Ramuan ini banyak digunakan oleh orang zaman dahulu dalam menjaga kecantikannya.

Demikian ulasan mengenai manfaat daun sirsak. Semoga dapat memberi banyak manfaat kepada anda.

Selamat mencoba…

Sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s