Ada Obat Herbal Tradisional Dari Lamtoro

Lamtoro atau orang biasa menyebut dengan kata lain Petai Cina adalah salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Tumbuhan ini dikenal pula dengan aneka sebutan yang lain seperti pĕlĕnding, peuteuy sélong (Sunda); kemlandingan, mètir, lamtoro dan lamtoro gung (=lamtoro besar; untuk varietas yang bertubuh lebih besar) (Jawa); serta kalandhingan (Madura).

Mengutip dari wikipedia Petai Cina atau bisa disebut dengan lamtoro merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika tengah. Tanaman ini sangat mudah tumbuh hingga sekarang telah menyebar ke berbagai bagian dunia.

Petai Cina oleh para petani di pedesaan sering ditanam sebagai tanaman pagar, pupuk hijau dan segalanya. Petai Cina cocok hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut.

Petai Cina di Indonesia hampir musnah setelah terserang hama wereng. Pengembangbiakannya selain dengan penyebaran biji yang sudah tua juga dapat dilakukan dengan cara stek batang.

Petai Cina ini cukup menarik untuk kita ketahui manfaatnya bagi kesehatan. Biasanya kita mengenal petai itu berukuran besar, tapi untuk Petai Cina ini cenderung berukuran lebih kecil.

Walaupun berbeda jauh ukuran, untuk urusan khasiatnya bagi kesehatan Petai Cina juga tak kalah hebatnya.

Apa saja khasiatnya ?

Seperti dikutip dari Sumbernya artikel ini, Petai Cina ini memiliki sifat netral serta rasanya agak pahit, dan sedikit manis. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa di dalam Petai Cina banyak sekali kandungan zat, baik itu mineral maupun kalsium dengan kadar cukup tinggi yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Sehingga Petai Cina banyak digunakan untuk obat tradisional berbagai penyakit. Pada umumnya bagian yang digunakan dari tanaman Petai Cina ini adalah daun serta buahnya.

Kandungan zat dalam tanaman Petai Cina antara lain protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, energi.

Lebih lengkapnya Kandungan Gizi dan Nutrisi Petai Cina seperti di bawah ini:

Kandungan nutrisi dan zat gizi yang terkandung dalam daun petai
  • Banyaknya daun petai cina yang diteliti (Food Weight) = 100 gram
  • Bagian daun petai cina yang dapat dikonsumsi (Bdd/Food Edible) = 40%
  • Jumlah kandungan energi daun petai cina = 128 kkal
  • Kandungan protein = 12 gram
  • Kandungan lemak = 6,5 gr
  • Kandungan karbohidrat = 12,4 gr
  • Kandungan kalsium = 1500 mg
  • Kandungan fosfor = 100 mg
  • Kandungan zat besi = 3mg
  • Kandungan vitamin A = 17800 IU
  • Kandungan vitamin B1 = 0,04 mg
  • Kandungan vitamin C = 64 mg
Kandungan nutrisi dan zat gizi yang terdapat dalam biji lamtoro muda:
  • Banyaknya biji lamtoro yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Biji lamtoro muda yang dapat dikonsumsi (Bdd/ Food Edible) = 100 %
  • Jumlah kandungan energi biji lamtoro muda = 85 kkal
  • Kandungan protein = 5,7 gr
  • Kandungan lemak = 0,3 gr
  • Kandungan karbohidrat = 15,4 gr
  • Kandungan kalsium = 180 mg
  • Kandungan fosfor = 53 mg
  • Kandungan zat besi = 3 mg
  • Kandungan vitamin A = 423 IU
  • Kandungan vitamin B1 = 0,08 mg
  • Kandungan vitamin C = 15 mg

Dari kandungan yang terdapat pada tanaman Petai Cina tersebut, maka tanaman ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh antara lain mengatasi disentri, menurunkan kadar gula dalam darah, menyehatkan kulit, membunuh cacing dalam tubuh, mencegah kanker dan diabetes.

1.Benarkah Petai Cina Bisa Digunakan Untuk Menyembuhkan Diabetes?

Petai Cina juga bisa menjadi obat tradisional yang baik untuk penyakit yang tergolong beresiko tinggi salah satunya yaitu diabetes.

Secara garis besar penyakit diabetes ini terjadi karena kadar gula dalam darah cukup tinggi. Penyakit diabetes ini sangat sulit dalam proses penyembuhannya.

Petai Cina bisa menjadi solusi untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga mengurangi penykit diabetes. Petai Cina ini mampu menormalkan fungsi pankreas yang menghasilkan hormon insulin.

Hormon insulin sendiri adalah suatu hormon yang mempunyai fungsi menormalkan kadar gula dalam darah.

Cara membuat: digoreng tanpa minyak dan ditumbuk halus (dibuat bubuk). Kemudian ambil 1 sendok teh (sekitar 5 gram) dan diseduh dengan air panas (seperti membuat kopi).

Cara menggunakannya diminum 1 kali sehari 1 gelas dan dilakukan secara teratur.

2.Petai Cina Untuk Mencegah Kanker? Ternyata Bisa.

Radikal bebas merupakan penyebab utama seseorang terkena penyakit kanker. Radikal bebas ini merupakan suatu zat yang menyerang tubuh karena faktor lingkungan yang kurang sehat, polusi udara atau makanan.

Radikal bebas yang menyerang tubuh lama-kelamaan akan menimbulkan berbagai penyakit kanker. Untuk itu butuh antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh.

Petai cina ternyata mampu menjadi antioksidan yang baik untuk menangkal serangan radikal bebas yang menyerang tubuh. Cara pemanfaatannya sangat mudah bisa dimakan langsung atau jika tidak suka bisa dibuat sayur yang dicampur dengan bahan lain.

Konsumsilah petai cina secara rutin sehingga akan terhindar dari penyakit kanker.

3.Petai Cina Untuk Basmi Penyakit Cacingan

Biasanya masalah yang satu ini bisa menyerang siapa saja mulai dari bayi, anak-anak, dewasa bahkan orang tua.

Cacingan ini membuat si penderita pada umumnya memiliki tubuh kurus karena sari makanan yang masuk kedalam tubuh diserap oleh cacing tersebut.

Untuk mengatasi masalah cacingan tersebut petai cina menjadi obat tradisional yang ampuh. Ada 2 cara untuk mengatasi cacingan menggunakan petai cina.

Tumbuk halus biji lantoro yang sudah kering secukupnya. Setelah itu bubuk petai cina tersebut diseduh dengan air panas dan setelah hangat diminum.

Makananlah petai cina yang masih mentah secara rutin. Hal ini akan membunuh cacing yang ada dalam tubuh serta mengeluarkannya.

Khasiat Lain Dari Tanaman Lamtoro atau Petai Cina 

 
 
1. Disentri

Mungkin tidak sedikit orang yang kurang menggemari buah petai cina ini, tapi siapa yang mengira ternyata petai cina ini sangat berkhasiat untuk kesehatan kita. Bukan hanya kulit manggis saja yang memiliki fungsi sebagai obat tradisional penyakit disentri, ternyata petai cina ini juga berkhasiat untuk mengobati penyakit disentri. Caranya : Rebus 15 gram biji lamtoro, 30 gram krokot dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian setelah dingin saring dan minum airnya sehari dua gelas (pagi segelas dan sore hari segelas).

2. Cacingan, Bengkak (Oedem) dan Radang Ginjal

Rebus atau seduh 3-5 gram serbuk biji tanaman lamtoro kering dengan 1 cangkir air panas, lalu minum air rebusan atau seduhannya. Lakukan pengobatan tiga kali sehari dengan dosis yang sama.

3. Bisul, Abses Paru, Luka Terpukul, Insomnia

Sederet penyakit di atas dapat kita atasi dengan manfaat lamtoro atau petai cina yang dapat kita peroleh di lingkungan sekitar. Cara membuat ramuan herbal dari petai cina untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit di atas tidaklah sulit, kita hanya cukup merebus 10 gram seluruh bagian tanaman lamtoro dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum sekaligus satu kali sehari saat hangat.

4. Meluruhkan Haid

Rebus segenggam akar tanaman lamtoro dengan 3 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas. Lakukan secara rutin, hingga perubahan dan reaksi kesembuhan dapat anda raih.

5. Meningkatkan Gairah Seksual

Ini dia yang istimewa dari petai cina atau lamtoro. Bukan hanya mampu mengobati berbagai macam penyakit ringan, akan tetapi lamtoro juga dapat digunakan untuk meningkatkan gairah seksualitas seseorang.  Untuk mengingkatkan libido atau gairah seksual dengan menggunakan tanaman lamtoro, cukup kocok 1 sendok bubuk biji tanaman lamtoro, 1 sendok bubuk lada hitam, 2 butir kuning telur ayam kampung mentah dan 1 sendok madu sampai rata. Minum campuran tersebut sekaligus satu hari.

 

6. Tertusuk

Bahkan bila anda tertusuk kayu, bambu, dan lain-lain gunakan daun lamtoro yang muda secukupnya dihaluskan kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit. Untuk mengobati luka baru dan bengkak, gunakan daun lamtoro secukupnya dihaluskan kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang luka.

7. Herpes

Untuk mengobati penyakit herpes dengan menggunakan 30 gram daun lamtoro ditambah 1 siung bawang putih ditumbuk halus kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit.

8. Menghaluskan kulit

Petai cina ini ternyata tidak hanya berfungsi untuk mengobati berbagai macam penyakit atau untuk menjaga kesehatan tubuh saja. Faktanya, lamtoro juga mampu memberikan manfaat sebagai penghalus kulit yang alami. Untuk mendapatkan kulit yang halus dengan menggunakan petai cina ini, ambillah 5 atau 6 daun petai cina. Kemudian remas-remas hingga keluar airnya. Setelah itu gosokkan pada seluruh badan pada saat anda mandi. Diamkan 1 menit dan bersihkan tubuh dengan air. Lakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Jika badan anda terasa gatal, jangan teruskan, sebab mungkin tidak cocok dengan jenis kulit anda.

9. Ramuan Sambung Tulang

Bahan-bahan:

Daun petai cina, daun katuk, jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih.

Cara mengolah:

  1. Hancurkan/blender bahan-bahan tersebut dengan perbandingan 1:1 sampai benar-benar hancur.
  2. Tambahkan air secukupnya, rebus hingga airnya tinggal sedikit, jangan sampai kering.
Cara pakai:
  • Digunakan sebagai param.
  • Ramuan (bahan-bahan & sedikit cairannya) dioleskan di tempat tulang yang patah lalu diikat dan diperban.
  • Ramuan diganti 3 hari sekali.

Itulah sajian informasi dari manfaat Petai Cina atau Lamtoro sebagai obat herbal. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi dan pengetahuan bagi kita semua akan manfaat dan tanaman obat lamtoro atau Petai Cina yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita.

Salam sehat.

Sumber dan sumber lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s