MENYUKAI MAKANAN YANG DIBAKAR? WASPADALAH…!

Banyak sekali orang menyukai makanan yang dibakar karena aroma dan rasanya yang membuat ketagihan. Mungkin anda salah satu penggemar makanan dari jenis yang di bakar, seperti ayam bakar, sate ayam, sate kambing, daging panggang atau ikan bakar.

Nah panganan ini memang memiliki rasa yang lezat. Namun untuk itu anda di tuntut harus waspada, karena bila mengkonsumsinya secara berlebihan bisa menimbulkan kanker dan penyakit lain yang tak kalah berbahayanya, tahu mengapa?

Berikut alasannya.

Jenis makanan ini memang sangatlah menggoda lidah, apalagi rasa dan aroma yang di keluarkan pastinya langsung membangkitkan selera pada setiap penikmatnya. Tapi amat di sayangkan jika di balik bermacam makanan lezat ini ada bahaya yang selalu mengintai.

Arang atau bahan panggang yang di gunakan untuk mengolah makanan, ternyata menyimpan ancaman untuk tubuh. Arang yang di kenal menjadi senyawa karbon akan berubah menjadi zat karsinogen bila terkena tetesan lemak daging bakaran. Zat inilah yang membahayakan tubuh.

Bahaya makanan bakar ini juga berpotensi menimbulkan diabetes dan serangan jantung. Apalagi jika di konsumsi dengan porsi besar dan di makan bersamaan dengan makanan berlemak lainnya.

Selain itu pun bahaya ini juga mengancam wanita hamil. Bila makanan bakar tadi tidak matang sempurna. Maka anak dalam janinlah yang akan mendapat imbasnya.

Meski demikian makanan bakar ini tetaplah menjadi menu pavorit bagi sebagian orang. Dan memang di rasa sulit untuk meninggalkan makanan lezat kesukaan seperti ini. Bukan berarti tidak boleh di konsumsi, namun perhatikanlah sebelum menyantap makanan tersebut.

Tips Aman Memakan Makanan Bakar.
Seperti yang pernah di utarakan pada artikel sebelumnya, mengenai dampak buruk bila kita sering mengkonsumsi makanan yang proses penyajiannya dengan cara di bakar . Hal itu tentu saja akan berakibat kurang baik terutama untuk segi kesehatan.
Menurut para pakar yang memang ahli di bidangnya pun menyatakan, ikan atau daging yang di bakar itu bisa menimbulkan radikal bebas. Yang mana Radikal bebas itu tadi, nantinya akan memicu timbulnya sel-sel kanker.
Kendati demikian dalam hal ini bukan berarti kita dilarang atau tidak boleh sama sekali untuk mengkonsumsinya, namun ada beberapa tips atau cara untuk mensiasati agar hal yang tidak di inginkan itu tidak terjadi. Dan berikut point-point nya.
Ikan Bakar Khas Makasar
Tips Aman Di Saat Memakan Makanan Bakar
  • Daging di panggang kedalam oven sebelum menggunakan arang
  • Biarkan api turun setelah arang di nyalakan
  • Gunakan arang berbahan alami (seperti kayu, batok kelapa dan lainnya)
  • Makan daging panggang hanya seperlunya (sesekali) saja
  • Kurangi asupan daging, makan dengan porsi kecil
  • Sambil di selingi dengan makanan segar seperti sayuran dan buah-buahan
  • Dan hindarilah makan daging yang terlihat gosong

Kelezatan makanan memang terkadang membuat seseorang mengabaikan sisi kesehatan. Oleh karena itu mulai dari sekarang waspada dan lebih bijaklah dalam memilih makanan yang baik lagi bagus untuk kesehatan tubuh anda, semoga bermanfaat.

Sumber,  Dan sumber lainnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s