Bawang Merah Untuk Mengobati Amandel

Khasiat Bawang Merah untuk Mengobati Amandel

 

Bawang Merah pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita semua dan sangat mudah di temukan. Karena seperti yang kita ketahui Bawang merah pada umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Bawang merah kerap kali menjadi bumbu wajib pada masakan, karena bawang merah menjadi semacam penguat rasa bagi masakan atau dibuat bawang goreng untuk pelengkap masakan. Akan tetapi taukah anda bahwa bawang merah bisa kita manfaatkan lebih dari sebagai bumbu masak.

Sebagian ibu-ibu memanfaatkannya sebagai obat penurun panas dan masuk angin pada bayi dan balita dan juga sebagai obat gosok saat masuk angin untuk dewasa.

Kandungan Bawang Merah

Bawang merah adalah makanan padat nutrisi yang berarti yang rendah kalori dan tinggi nutrisi bermanfaat seperti vitamin, mineral dan antioksidan. Selain iu juga dalam satu cangkir bawang merah mengandung sekitar :

  • 64 kalori
  • 15 gram karbohidrat
  • 0 gram lemak
  • 0 gram kolesterol
  • 3 gram serat
  • 7 gram gula
  • 2 gram protein dan 10%
  • Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan
  • Memiliki sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur.

Tingginya kandungan gizi ini membuat bawang merah ampuh untuk mengobati amandel tanpa operasi, hal ini karena Bawang merah memiliki sifat anti inflamasi yang mengurangi peradangan. Bersama dengan sifat anti bakteri di dalamnya, bawang merah mampu menghancurkan bakteri yang menjadi penyebab infeksi amandel.

Sebelum membuat ramuan bawang merah untuk mengobati amandel perhatikan beberapa hal berikut agar pengobatan menggunakan bawang merah dapat lebih efektif.

  • Usahakan konsumsi bawang merah dalam keadaan bersih dan konsumsi bawang merah yang memiliki kulit yang sudah kering. Karena ada beberapa penjual yang menjual bawang merah yang masih berkulit basah.
  • Pilihlah bawang merah yang memiliki bau lebih tajam karena ketahanannya juga akan akan lebih lama daripada bawang merah yang baunya agak manis. Bau tajam pada bawang merah ini ini mengandung bawah pengawet yang berasal dari senyawa alami bawang merah itu sendiri.
  • Simpan bawang merah dalam suhu yang jauh dari pengaruh cahaya terang yang langsung dan disimpan pada ruangan yang memiliki ventilasi cukup.
  • Simpan bawang merah pada wadah yang non logam. Karena apabila disimpan dalam wadah yang berasal dari logam, kandungan dalam bawang merah daat hilang, sehingga dapat menghilangkan rasa dan khasiat ketika dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan.
  • Apabila juga menyimpan kentang, usahakan letakkan di tempat yang jauh dengan bawang merah. Karena bawang merah dapat merusak manfaat dari kentang dengan menyerap kelembapan gas yang adal di dalam kentang. Untuk itu bawang merah dan kentang perlu dijauhkan agar tidak merusak satu sama lain, dan juga agar kandungan masing masing dapat dimanfaatkan dengan baik.

Cara membuat ramuan bawang merah untuk menghobati amandel tanpa operasi adalah:

  1. Dikunyah

Ambil 1-2 siung bawang merah kemudian kupas dan bersihkan sehingga tidak ada sisa kulit dan kotoran yang menempel, kemudian langsung di kunyah dan di telan atau di potong terlebih dahulu kemudian kunyah dan telan. Lakukan 2x sehari.

     2. Diminum

Bersihkan 2-3 siung bawang merah kemudian potong menjadi 2/3 bagian lalu rebus dalam air secukupnya, rebus hingga mendidih, angkat dan tiriskan kemudian minum air rebusan bawang merah tersebut, lakukan 2x sehari.

Khasiat Bawang Merah Untuk Mengobati Amandel – Pilih salah satu caranya jangan keduanya, apabila tidak masalah makan bawang merah mentah maka lebih baik dikunyah saja.

Efek Samping Bawang Merah

Meskipun tidak sangat serius, makan bawang dapat menyebabkan masalah bagi sebagian orang. Karbohidrat dalam bawang dapat menyebabkan gas dan kembung, menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse. Bawang, terutama jika dikonsumsi mentah, dapat memperburuk mulas pada orang yang menderita sakit maag kronis atau penyakit refluks lambung, menurut salah satu studi 1990 di American Journal of Gastroenterology.

Mengkonsumsi sejumlah bawang atau meningkatkan konsumsi bawang dapat mengganggu dengan obat pengencer darah, menurut University of Georgia. Bawang hijau mengandung jumlah vitamin K yang tinggi, yang dapat menurunkan fungsi darah.

Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan atau alergi terhadap bawang, tetapi kasus-kasus yang jarang terjadi, menurut sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology. Orang yang mengalami alergi bawang merah mungkin mengalami kemerahan, mata gatal dan ruam jika bawang merah bersentuhan dengan kulit. Orang dengan intoleransi terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah dan ketidaknyamanan lambung lainnya.

Selain hal itu juga mengkonsumsi terlalu banyak bawang merah dapat menyebabkan sakit kepala dan juga bau mulut dan bau badan karena tingginya kadar sulfur di dalam bawang merah.

Sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s