Gerakan Salat Terbukti Memelihara Kesehatan Punggung

Sebuah studi mengungkap bagaimana salat lima waktu dapat meningkatkan kesehatan punggung, lutut, dan pinggang.

Studi ini dipublikasikan dalam International Journal of Industrial and Systems Engineering dengan judul “An ergonomic study of body motions during Muslim prayer using digital human modelling.”

Seperti dilansir Ilmfeed, Rabu (7/6/2017), peneliti menggunakan model yang digerakkan menggunakan komputer dan memperagakan gerakan salat dan efeknya pada punggung.

“Posisi sujud ternyata mampu meningkatkan elastisitas persendian. Jadi salat lima kali sehari pasti memberi manfaat lebih,” kata peneliti.

Rekan penulis studi, Prof Khasawneh, mengatakan salah satu alasan mengapa salat baik untuk kesehatan adalah gerakannya yang serupa dengan yoga atau terapi fisik yang digunakan untuk mengobati nyeri punggung.

“Kesehatan fisik dipengaruhi oleh faktor sosial ekonomi, gaya hidup, dan agama. Selain itu, penelitian menunjukkan, ada hubungan yang kuat antara doa dan cara seseorang mempertahankan gaya hidup sehat,” ujarnya.

Khasawneh menuturkan gerakan salat ditambah doa dapat menghilangkan stres fisik dan kecemasan. Dalam penelitian lain, ritual salat bahkan dianggap sebagai pengobatan yang efektif mengatasi disfungsi neuro-muskuloskeletal (gangguan otot, tulang, dan sendi).

Sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s